Kiriman Barang JNE Sudah Sampai Apa Belum? Ini Cara Ceknya!

Jasa pengiriman barang di Indonesia saat ini sangatlah banyak sekali. Tapi mengapa masih JNE yang menjadi primadona dan tetap di hati masyarakat? Yup, jelas. Karena JNE memiliki layanan yang menurut saya lebih baik. Selain itu, kantor cabang JNE hampir semuanya sudah hadir di pelosok-pelosok daerah yang ada di Indonesia.

Keuntungan lain jika memakai jasa ini ialah, pengiriman bisa lebih cepat. Di sini ada paket pilihan yaitu ekspres dan reguler. Keduanya bagus. Namun jika anda ingin mengirim sehari sampai, maka anda harus memilih paket JNE express. Dan tentunya harganya akan beda jika di bandingkan dengan paket reguler yang ditawarkan oleh JNE.

Sekarang, mari kita mulai masuk ke pembahasan utama dalam artikel ini. Yaitu mengenai bagaimana cara cek barang JNE sudah sampai atau belum. Anda nanti bisa mengeceknya melalui situs resmi JNE. Yang terpenting ialah anda mengetahui nomor resinya. Jika anda tidak mengetahui nomor resi, anda tidak akan bisa mengecek keberadaan barang anda.

Lalu bagaimana kalau tidak tahu? Gampang, anda tinggal meminta nomor resinya kepada si pengirim barang ke anda. Lalu nanti nomor tersebut nantinya akan di masukkan ke website resmi JNE, kemudian nanti akan muncul keterangan-keterangan status pengiriman. Jadi, anda tidak usah khawatir atas barang anda. Yuk, kita simak tata caranya secara lengkap!

Cara Cek Keberadaan Barang JNE Sudah Sampai Mana

1. Masukklah ke website resmi JNE, atau klik saja link ini > http://www.jne.co.id/id/beranda

2. Lihat pada halaman website JNE, anda akan melihat tampilan kotak bertuliskan "lacak kiriman" seperti contoh gambar di bawah ini.
Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai Atau Belum
3. Masukkan nomor resi anda ke dalam kolom tersebut, lalu tekan tombol "Tracking".

4. Status barang anda sudah bisa diketahui. Akan ada keterangan yang disingkat. Di gambar bawah ini statusnya "On proces", itu artinya barang dalam proses pengiriman.
cara cek paket JNE sudah sampai atau belum
5. Misalkan status barang anda beda dengan keterangan di atas, anda bisa mempelajari singkatan-singkatannya keterangan JNE di bawah ini beserta artinya.

Arti dan Singkatan Istilah Pengiriman JNE
  • AU (Antar Ulang): Barang akan diantar ulang, karena tidak sempat terantar pada hari sebelumnya.
  • Manifest: Barang telah didaftarkan dan siap dikirim dari kantor JNE asal pengiriman.
  • Delivered: Barang telah sampai dan diterima di alamat yang dituju dan nama penerima barang telah dicatat.
  • On-Process: Barang dalam proses pengiriman/perjalanan ke alamat tujuan.
  • Received On Destination: Barang telah sampai di kantor JNE kota tujuan dan akan dikirim ke alamat yang dituju.
  • AU to OPS: Barang yang sebelumnya tidak sampai ke tangan penerima telah diserahkan ke bagian Operasional JNE untuk dikirimkan kembali ke alamat tujuan yang lebih lengkap dan jelas.
  • Redelivery/RD: Barang telah diantar ulang ke alamat yang dituju.
  • Cnee Unknown: Nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengantaran ke alamat tujuan. Hubungi pihak jasa pengiriman bila barang belum diterima.
  • AU (Antar Ulang): Barang tidak sempat diantar di hari sebelumnya.
  • BA (Bad Address): Alamat tidak lengkap/jelas, kurang RT/RW, kelurahan, nomor rumah, gang, dan sebagainya. 
  • Criss Cross: Kondisi barang tertukar. Hubungi pihak jasa pengiriman, beri tau ciri pembungkus (jika tahu) dan detil alamat tujuan lebih lengkap lagi.
  • On-Transit: Barang sedang transit di kota lain menuju kota tujuan.
Jika ada yang kurang jelas, nantinya anda bisa bertanya di blog ini melalui kolom komentar. Mengecek keberadaan kiriman barang dari JNE sebenarnya sangat mudah bukan? Yang terpenting adalah anda tahu nomor resi pengirimannya. Dan silahkan anda hafalkan singkatan istilah pengiriman JNE yang sudah saya tulis di blog buat ekun email di atas.

Komentar

  1. mantab gan, kunjungi http://toppcar.blogspot.co.id/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Daftar dan Membuat Akun Email Gmail

Cara Daftar dan Membuat Akun Email Yahoo